Pakaian adat palembang, Makanan khas Palembang, Pempek Palembang, Kopi Bubuk Semendo

Manfaat kopi untuk kulit wajah – cara membuat masker kopi, hilangkan bekas jerawat

Advertisement
Advertisement
Semendo terkenal akan cita rasa kopinya. Namun ternyata, kopi tidak hanya sedap diminum namun juga bermanfaat tinggi untuk perawatan wajah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat masker kopi untuk menghilangkan bekas jerawat yang sulit hilang. Manfaat kopi untuk kulit wajah memang sangat besar. Selain berkhasiat, masker kopi juga tidak mengandung efek samping sebab diolah secara alami. 

Bagi perempuan, kecantikan wajah merupakan sesuatu yang sangat penting. Mereka rela merogoh kocek dalam asalkan wajah bisa tampil cantik. Bagi pria, wajah bersih dan segar juga sebuah prioritas, karena menunjang penampilan di depan orang. Kepercayaan diri pun bisa meningkat.

Namun perlu diingat bahwa kopi yang dianjurkan adalah kopi bubuk murni dan bukan kopi sasetan yang biasa di jual di minimarket. Sebab pada kopi sasetan, kandungan kopi nya sudah tidak murni lagi tapi sudah dicampur-campur dengan bahan-bahan lain.

Penggunaan bahan alami memang sangat dianjurkan, baik untuk pengobatan maupun untuk perawatan wajah sebab bahan-bahan alami tidak memiliki efek samping.

gambar cara membuat masker kopi

Manfaat kopi untuk kulit wajah.

Apa saja manfaat/ fungsi/ khasiat kopi untuk wajah? 

Selain aromanya yang menyenangkan, kopi merupakan bahan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan tsb sangat dibutuhkan kulit untuk menangkal radikal bebas, yaitu sebutan untuk sel-sel kulit rusak penyebab berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, kulit berminyak, kulit kering, bahkan penuaan dini alias keriput. Radikal bebas dapat disebabkan antara lain akibat asap rokok dan radiasi.

Selain itu, khasiat kopi lainnya adalah dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah penyebab munculnya jerawat, kulit kusam dan kering. Juga dapat mengecilkan pori-pori besar yang membuat kulit jadi kasar dan tidak enak dipandang. Untuk menghilangkan bekas luka, bekas jerawat dan noda hitam, serta mengencangkan kulit, kopi juga bisa Anda manfaatkan.

Cara membuat masker kopi untuk wajah

Bubuk kopi dapat dipadukan dengan bahan lain, untuk kemudian dibuat masker yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati di wajah. Cara pembuatannya pun tergolong mudah.

Masker merupakan paduan bahan-bahan yang dioleskan pada permukaan wajah. Untuk mendapatkan hasil, masker dibiarkan menempel di wajah selama beberapa waktu supaya bahan aktif dalam masker tsb meresap ke dalam kulit. Setelah masker didiamkan dan mengering, barulah kemudian dibilas bersih.

Masker kopi bisa diaplikasikan secara tunggal ataupun dipadu-padankan dengan bahan lain. Jika Anda tidak ingin repot, cukup gunakan campuran air dan bubuk kopi untuk membuat masker kopi. Namun jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, Anda bisa campurkan dengan bahan berkhasiat lainnya.

Jika Anda memiliki kulit kering maka susu, yogurt, madu, dan minyak zaitun dapat dicampurkan dengan kopi. Namun untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, maka padukan kopi dengan lemon. Dan untuk mengurangi bengkak sekitar mata dan wajah, gunakan masker yang terbuat dari kopi dan bubuk cokelat.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masker kopi untuk wajah ;
a. 2 sendok makan madu untuk kuit kering, atau jus lemon untuk kulit berminyak
b. 4 sendok makan bubuk kopi
c. 4 sendok makan bubuk cokelat tanpa campuran gula/ pemanis
d. 8 sendok makan susu atau yogurt
baca juga : aneka makanan khas Palembang
Adapun cara membuat masker kopi yaitu ;
  1. Campurkan bubuk kopi dengan bubuk cokelat dan susu sehingga terbentuk adonan masker. Batasi penggunaan susu jika Anda menginginkan masker yang kental.
  2. Tambahkan madu lalu aduk merata.
  3. Oleskan masker yang sudah dibuat tadi pada wajah yang telah dibersihkan. Pijat memutar supaya hasil maksimal.
  4. Biarkan selama beberapa menit hingga mengering (kira-kira 15 menit)
  5. Setelah masker mengering. Bersihkan wajah dengan menggunakan kain basah halus. Rendam terlebih dahulu kain tsb kedalam air hangat, lalu letakkan ke wajah dan tekan hingga masker kopi mengendur dan terlepas.

Jika Anda ingin yang lebih sederhana, cukup gunakan ampas kopi murni (kopi yang hanya dicampur air, tanpa gula/ susu/ bahan lainnya). Cara nya sama, yaitu oleskan ampas kopi secara merata pada wajah lalu diamkan selama sekitar 20 menit.

Pembaca sekalian, demikianlah informasi : “Manfaat kopi untuk kulit wajah – cara membuat masker kopi, hilangkan bekas jerawat”.  Untuk hasil maksimal, gunakan Masker kopi tersebut 2 – 3 kali dalam seminggu. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan Anda. 

Salam,


Back To Top