Aneka Makanan Khas Palembang, Sumatera Selatan, yang bisa dijadikan Oleh-Oleh Khas Palembang

Advertisement
Jika Anda berencana mengunjungi kota Palembang, pastinya tak lengkap jika belum mencicipi kuliner khas Palembang. Seperti biasa, kebanyakan orang mengenal makanan khas Palembang adalah pempek Palembang. Ya, makanan satu ini memang berbeda dengan makanan dari daerah lainnya. Meskipun begitu ada banyak makanan asal Palembang lainnya yang juga bisa dijadikan oleh-oleh. Yang jelas, rasanya tak akan kalah dengan kelezatan pempek Palembang tsb.

Pembaca sekalian, saat Anda membeli makanan khas Palembang, usahakan untuk membeli dari penjual yang memang mengerti cara membuat makanan asli Palembang yang nikmat. Sebab tak jarang, pempek dan makanan asli palembang lainnya yang dijual, cita rasanya tidak pas. Ya, tidak semua orang Palembang bisa membuat makanan khas Palembang dengan benar, meskipun berasal dari Palembang.

Palembang, merupakan sebuah nama ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan. Sebuah provinsi yang dikelilingi oleh provinsi Bengkulu, Jambi, dan Lampung ini memiliki wilayah yang tergolong luas. Sum-Sel atau Sumatera Selatan terdiri atas beberapa kabupaten dan kota. Beberapa diantaranya misalnya : kabupaten Musi Banyuasin, Kab. Banyuasin, Kab. Ogan Ilir, Kota Prabumulih, Kab. Lahat, Kab. Muara Enim, Kota Pagar Alam, Kab. Empat Lawang, Kab. PALI, kab. Ogan Komering Ilir, dan masih banyak lagi.

Provinsi Sumatera Selatan memiliki sungai musi dan anak sungai musi yang mengalir ke seluruh wilayah Sumatera Selatan. Misalnya : sungai ogan, sungai komering, sungai Lematang, dll. Wajar jika sumber daya ikan yang bisa ditemui cukup banyak. Meskipun memang, saat ini jumlah ikan sungai di sum-sel terus berkurang akibat pencemaran sungai dan habitat mereka yang ditimbun untuk dijadikan tempat tinggal dan tempat usaha manusia. Hal tsb mengakibatkan harga makanan khas Palembang yang sebagin besar memang berbahan dasar ikan ini, terus menaik. 

Untuk membuat Pempek rasa asli, orang di kota Palembang  lah jagonya. Sedangkan orang meranjat, kab. Ogan ilir, sangat mahir membuat masakan pindang patin. Kalau pindang patin mungkin kamu belum pernah mendengarnya, tapi kalau pempek kemungkinan besar sudah tahu kan? Ya, kepopuleran pempek sendiri sudah terdengar di seluruh Indonesia, bahkan bisa jadi melebihi kepopuleran maskot kota Palembang yaitu jembatan Ampera.

Meskipun begitu, daftar makanan khas Palembang yang akan disajikan dibawah ini sangat familiar dengan masyarakat Palembang. Kebanyakan mereka pasti tahu dan kenal dengan makanan tsb. Baiklah, berikut ini adalah daftarnya ;

Berbagai Makanan Khas Palembang, Sumatera Selatan

1. Pempek.
gambar makanan khas palembang 1

Bagi mereka yang pernah merasakan lezatnya pempek Palembang, pasti akan terbayang-bayang selalu dengan makanan satu ini. Bahkan rela meng-order lewat online dari daerah asli Palembang. Nah, jika Anda ingin membeli pempek ini secara online dan juga makanan khas Palembang lainnya, kami rekomendasikan like facebook kami disini lalu tinggalkan pesan di sana untuk pemesanan.

Pempek terbuat dari bahan dasar ikan yang dicampur dengan sagu. Pempek Palembang sendiri terdiri atas berbagai jenis, misalnya pempek telor, pempek pistel, pempek tahu, pempek lenjer, pempek keriting, dan pempek kapal selam. Yang membuat lidah semakin bergoyang adalah cuko khas Palembang yang selalu ada mendampingi pempek Palembang ini. Cuko sendiri terbuat dari gula aren, cabe, bawang, dan asam. Cara makan pempek yaitu dengan mencelupkan pempek kedalam wadah yang berisi cuka.

2. Lenggang.
gambar makanan khas palembang 2

Makanan satu ini memang tidak sepopuler pempek, namun citarasa nya boleh diadu. Lenggang sebenarnya adalah pempek lenjer yang dipotong/ diiris kecil lalu dicampur dengan telur, kemudian dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng, tergantung selera. Lenggang juga bisa disantap bersama cuko. 

3. Model. 
gambar makanan khas palembang 3

Nah, model ini mungkin yang paling dikenal setelah pempek. Model sendiri maksudnya bukan orang yang menjadi peraga busana dalam dunia modelling, tapi adalah makanan khas palembang yang dibuat dari bahan dasar ikan yang dibuat adonan lalu didalamnya ditambahkan tahu, kemudian diberi kuah kaldu udang. Kuah model biasanya diberi timun yang dipotong kecil-kecil dan juga bihun. Terkadang orang juga menambahkan kecap pada kuah model tsb.

4. Burgo.
gambar makanan khas palembang 4

Kalau tadi ada makanan yang disajikan dengan cuko dan kuah, sekarang ada burgo yang diberi kuah santan. Di Palembang, burgo biasanya dijual oleh penjual keliling yang biasa ada di pagi hari. Burgo sendiri terbuat dari bahan dasar beras. Yang membuat rasanya semakin enak adalah kuah santan dan sambal cabenya.

5. Lakso. 
gambar makanan khas palembang 5

Satu makanan lagi yang mirip dengan burgo karena juga berkuah santan, namanya lakso. Perbedaannya dengan burgo adalah bentuk lakso yang menyerupai mie.

6. Tekwan.
gambar makanan khas palembang 6

Tekwan, makanan satu ini juga berbahan dasar ikan yang dicampur dengan sagu lalu dibentuk bulat. Sepintas mungkin mirip bakso, hanya saja ukuran nya lebih kecil dan juga lebih berwarna putih. Tapi, berbeda dengan pempek yang digoreng, tekwan ini dimasak dengan cara direbus. Lalu disajikan dengan tambahan kuah bening mirip sup, lengkap dengan sohun,kaldu udang, seledri, dan irisan bawang. 

7. Pindang Patin.
gambar makanan khas palembang 7

Dari namanya, bisa diperkirakan makanan ini terbuat dari ikan patin. Tekstur daging ikan patin yang lembut memang sangat pas dengan masakan pindang patin ini. Patin tersebut dimasak dengan cara direbus dengan kuah khas. Ketika mencicipinya akan terasa manis, pedas, asam, dan juga segar. Pindang patin ini biasa dimakan dengan nasi dan pas disantap saat jam makan siang. Pindang patin bisa ditemukan secara mudah di rumah makan di kota Palembang, di kota Prabumulih, dan di kab. Ogan ilir terutama meranjat. 

8. Martabak Har.
gambar makanan khas palembang 8

Sesekali coba martabak har dari Palembang ini. Rasanya juga sangat lezat. Martabak Har mirip dengan martabak telur, tapi kuah yang digunakan bukan cuka tapi kuah kari yang dicampur dengan irisan kentang. Selain itu telur pada martabak har tidak dicampur dalam martabak tapi dibalut bersama kulit martabak. Jika Anda menyukai masakan yang pedas, Anda bisa tambahkan kuah sambal cabe rawit yang sudah disertakan dalam martabak har tsb.

Pembaca sekalian, selain daftar makanan yang kami sajikan diatas, sebenarnya masih ada makanan khas lainnya dari Palembang. Namun kami pilihkan yang paling populer dan sering ditemui. Demikianlah aneka macam makanan khas Palembang, Sumatera Selatan yang dapat kami sampaikan buat Anda. Daftar makanan diatas bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh khas Palembang. Semoga membantu dan terimakasih atas kunjungan Anda.