Pakaian adat palembang, Makanan khas Palembang, Pempek Palembang, Kopi Bubuk Semendo

Apa itu Pengertian Baju Gamis? Yuk Mengenal Gamis

Advertisement
Advertisement
Bagi wanita muslim, menutup aurat merupakan suatu kewajiban. Perintah berjilbab secara tegas ada dalam firman Allah SWT di dalam Alqur’an. Karena itu banyak muslimah ataupun para suami yang ingin istrinya terlihat berpakaian islami, meminati dan membeli baju gamis ini.

Gamis merupakan sebutan untuk busana muslimah (muslim wanita).

Entah sejak kapan istilah gamis ini diperkenalkan.

gambar penjelasan tentang gamis

Pengertian Gamis

Pengertian gamis berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pakaian panjang ala Pakistan yakni baju yang panjangnya sampai ke paha atau lebih bawah sedikit. 

Kata “gamis” sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu “qomish” yang artinya pakaian terusan dari atas tubuh sampai mata kaki. Qomis juga kadangkala dikenal dengan istilah “jubah”. Jadi sebenarnya gamis tidak hanya untuk wanita saja tapi baju terusan yang dipakai pria pun bisa dikategorikan gamis.

Hanya saja di Indonesia, gamis identik bagi kaum wanita/ perempuan. 

Manurut hemat kami, gamis di Indonesia adalah pakaian muslimah (wanita beragama islam) yang menyatu antara atasan dan bawahan, berbentuk lurus, panjang, dan longgar untuk menutupi seluruh bagian tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan.

Dari segi pola, desain gamis termasuk sederhana. Para pemakai tidak harus mencari atasan dan bawahan lagi karena sudah merupakan kesatuan. Hanya saja, walaupun boleh dikatakan sederhana, tetap harus diperhatikan sisi fashion-nya. Hal ini lah yang memunculkan kreatifitas para desainer untuk membuat baju gamis modern dan terbaru untuk menjunjang penampilan muslimah, sesuai dengan zaman. 

Kreatifitas yang dimunculkan para desainer (perancang pakaian) ini umumnya pada penentuan warna, corak, bahan, motif, dan model.

Beberapa Model Baju Gamis yang Populer

1. Brokat
gambar gamis brokat

Model baju gamis brokat dapat dipilih bagi Anda yang ingin tampil tanpa jilbab terlalu panjang. Gamis Brokat di Indonesia cocok digunakan pada saat menghadiri pesta pernikahan ataupun acara wisuda. 

Ciri khas gamis brokat adalah adanya kombinasi renda renda yang bermotif. 

Salah satu keuntungan memakai brokat bagi wanita yang berusia dewasa adalah dapat memberikan kesan muda dan trendi. Sedangkan bagi remaja, brokat dapat menambah kesan mewah dan anggun.

2. Kaftan
gambar gamis kaftan

Di Indonesia, model gamis kaftan dipopulerkan oleh artis Syahrini. Kaftan berbentuk terusan panjang dengan ciri khas memiliki lengan seperti sayap kelelawar. Ciri lain kaftan ada pada hiasan border dan renda di lehernya.

Kaftan dianggap model baju gamis modern, dan peminatnya tidak hanya dari kalangan muda namun juga ibu-ibu atau wanita dewasa.

Hanya saja kekurangan memakai kaftan, mungkin perlu dipadupadankan dengan high heels supaya terlihat tinggi.

3. Cape
gambar penjelasan tentang gamis 4

Cape bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mempunyai gamis lama namun ingin terlihat lebih baru. Caranya cukup tambahkan kain panjang dan lingkarkan pada leher.

Ada dua jenis cape yaitu yang menyatu dengan baju dan yang kedua yang bisa dilepaskan. Menggunakan model gamis cape dapat membantu menutupi bagian dada.

Mau gabung ke grup WA Dira Busana Muslimah (DBM) ? klik disini

4. Slit-Up
Merupakan jenis gamis dengan ciri khas belahan tinggi pada kaki namun di siasati dengan penggunaan legging yang membalut bagian kaki tsb. 

Model gamis yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang mobilitasnya tinggi dan tidak ingin terganggu dalam bergerak secara aktif. Model Slit-up akan berguna ketika Anda beraktifitas di lapangan.

5. Blazer
gambar gamis blazer

Model blazer mungkin sangat dikenal masyarakat Indonesia. Para guru perempuan, biasa memakai model blazer ini untuk mengajar.

Model gamis blazer tetap mempertahankan long dress sebagai ciri khas gamis. 

6. Batik
gambar gamis batik

Model gamis batik bisa juga dijadikan pilihan. Baik untuk acara formal seperti dalam menghadiri resepsi pernikahan teman, ataupun untuk semi formal semisal acara pengajian.

7. Syar’i.
gambar gamis syari

Model gamis syar’i merupakan model baju gamis yang semaksimal mungkin menerapkan aturan hukum islam dimana bagi seorang wanita, aurat atau bagian tubuh yang wajib ditutupi dari bukan mahramnya adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan kedua telapak tangan.

Gamis syar’i berusaha menyamarkan lekuk tubuh wanita sehingga tidak terlihat oleh lawan jenis.

Mudah-mudahan bermanfaat.
Back To Top