Pakaian adat palembang, Makanan khas Palembang, Pempek Palembang, Kopi Bubuk Semendo

7 Oleh-Oleh Khas Palembang – Rekomendasi bagi Wisatawan yang berkunjung ke Palembang

Advertisement
Advertisement
Palembang, kota di Sumatera bagian selatan ini kini semakin memikat para wisatawan. Dan tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Palembang tanpa membawa oleh-oleh saat pulang. Oleh-oleh khas Palembang tidak selalu harus berupa makanan khas Palembang. Selain pempek Palembang yang melegendaris, ada pula songket Palembang. Yang jelas, oleh-oleh khas Palembang harus tahan dan aman dibawa lama dalam perjalanan pulang. 

Apa saja yang menarik di Palembang? Selain tempat wisata, semua yang berbau tradisional dan khas Palembang pastinya menarik untuk dijumpai apabila Anda berkunjung ke bumi sriwijaya ini. Apalagi Palembang sering menjadi tuan rumah pesta olahraga seperti Sea Games, PON, dll yang biasanya dipusatkan di GOR Jakabaring.

Sayangkan jika Anda sudah berkunjung ke Palembang namun tidak membawa oleh-oleh khas Palembang yang berkesan?


Oleh-oleh khas Palembang yang sering di bawa pulang Wisatawan

1. Pempek.
gambar oleh-oleh khas Palembang

Jelas, deretan pertama oleh-oleh khas palembang adalah pempek. Populeritas pempek sangat melekat dengan Palembang. Ada juga turunan dari pempek yaitu pempek lenggang, pempek panggang, tekwan, dan model. 
Baca : makanan khas Palembang                         Jual Pempek Palembang
2. Kerupuk dan Kemplang Khas Palembang.

gambar oleh-oleh khas Palembang 2
kemplang Palembang

Dilihat dari bahan, Kerupuk dan kemplang sama-sama terbuat dari sagu dan atau ikan. Hanya saja, cara pengolahannya yang berbeda. Kerupuk diolah dengan cara digoreng sedangkan kelempang dipanggang atau dibakar diatas bara api. Selain itu, bentuk kerupuk Palembang lebih tebal dan kecil dibanding kemplang. 

Cara makan kerupuk Palembang sangatlah praktis. Bisa langsung dimakan atau dimakan bersama dengan nasi, gado-gado, ataupun mie. Lain halnya dengan kemplang yang dijual sepaket dengan saus cabe & tomat atau terkadang menggunakan sambal terasi. Harga kerupuk dan kemplang Palembang ini sangat murah, antara 15 ribu hingga 30 ribu rupiah.

3. Songket Palembang.
gambar oleh-oleh khas Palembang 3

Songket Palembang merupakan kain tradisional khas Palembang. Motif dan warna nya sangat indah.  Zaman dahulu hanya dipakai oleh kaum bangsawan kerajaan Palembang. Proses pembuatannya sangat tradisional yaitu menggunakan tangan dan dikerjakan secara manual dengan bantuan alat sederhana. Harga songket Palembang masih terkategori mahal, biasanya jutaan rupiah. Saat ini, songket Palembang biasa dipakai pada rangkaian pernikahan adat Palembang atau di acara resmi.

4. Kaos dan Gantungan Kunci.
gambar oleh-oleh khas Palembang 4

Kalau ke Yogyakarta misalnya, oleh-olehnya kan bisa berupa baju batik atau baju kaos yang ada gambar borobudur atau prambanannya. Nah, prinsipnya sama ketika Anda berkunjung ke Palembang, yaitu dengan membawa oleh-oleh berupa kaos ataupun gantungan kunci berciri Palembang.

Kaos dan gantungan kunci bisa menjadi souvenir yang tidak hanya murah tapi juga berumur lama. Baju kaos bertuliskan wong kito galo, bergambarkan ampera Palembang, atau bertuliskan kata-kata dalam bahasa daerah Palembang, bisa menjadi kenang-kenangan yang menarik sebagai bukti bahwa Anda pernah mengunjungi kota Palembang. 

5. Kue khas Palembang
gambar oleh-oleh khas Palembang 5

Beberapa jenis kue yang hanya bisa ditemui di Palembang antara lain : kue maksuba (mirip kue lapis tapi rasa dan teksturnya beda), dan kue delapan jam (adonan kuenya harus dikukus 8 jam). Kue khas Palembang bisa menjadi alternatif oleh-oleh khas Palembang.

6. Lempok Durian.
gambar oleh-oleh khas Palembang 6

Palembang juga menjadi salah satu daerah penghasil durian. Banyaknya durian (duren, dalam logat Palembang) yang dipetik kemudian menginspirasi orang Palembang untuk membuat Lempok durian, sejenis dodol namun berbeda rasa dan tekstur. Durian-durian hasil kebun yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera Selatan, kemudian diambil daging durian nya lalu dicampur bersama gula dan dimasak hingga mengkaramel. 

7. Ikan Salai.
gambar oleh-oleh khas Palembang 7

Kehadiran sungai Musi menjadi berkah buat Palembang. Banyak jenis makanan bisa dibuat dengan bahan baku ikan, salah satunya ikan salai. Ikan salai dapat bertahan sangat lama meski tidak dimasukkan kedalam kulkas/ difreezer, karena itu cocok dijadikan oleh-oleh.

Ikan Salai diawetkan dengan cara pengasapan diatas api kayu bakar. Jenis ikan yang disalai bermacam-macam. Bisa ikan gabus, ikan patin, ikan lais, dsb. Cara konsumsinya yaitu dibuat lauk dan dimakan bersama nasi. Biasanya ikan salai dibuat pindang ikan salai, terkadang cuma digoreng atau disambal.

Tempat untuk membeli oleh-oleh khas Palembang

1. Pasar 16 Ilir.
gambar oleh-oleh khas Palembang 8

Pasar 16 ilir terletak di sekitaran jembatan Ampera, berdekatan dengan masjid Agung Palembang. Pasar 16 ilir dari zaman dahulu sudah menjadi pusat pasar rakyat di Sumatera Selatan. Berbagai jenis barang bisa ditemukan disini, termasuk jika Anda ingin menemukan oleh-oleh khas Palembang. Harga barang disana juga murah. Harga grosiran. Biasanya pedagang-pedagang di daerah ambil barang di pasar 16 ilir untuk dijual lagi di daerah asal nya masing-masing.

Yang harus diwaspadai oleh Anda adalah aksi tukang copet. Biasanya berkeliaran mengincar tas yang diletakkan di belakang atau samping dan kurang secara pengawasan. Dompet dan barang berharga harus ekstra dijaga disini.

2. Pasar Cinde.
gambar oleh-oleh khas Palembang 9

Pasar cinde terkenal sebagai pasar barang bekas terbesar dan terlengkap di Sumatera Selatan. Ada banyak barang bekas di jual disana, mulai dari spare part motor, DVD kaset, batu akik, barang elektronik bekas (pompa air, tv), teralis. Hanya saja, Anda harus jeli dalam menilai kualitas barang. Jangan hanya tergiur dengan harga murah sebab terkadang onderdil dan kualitas barang tsb sudah kurang layak.

Pasar cinde terletak di jl. Sudirman, Palembang. Lokasinya tidak jauh dari pasar 16 ilir dan IP (international Plaza). Pagi hari di pasar cinde sangat ramai, antara lain menjual kue dan makanan ringan.

3. Adatpalembangku.blogspot.com
Selain membeli secara langsung, Anda juga dapat dengan bebas membeli oleh-oleh khas Palembang secara online di adatpalembangku.blogspot.com (sekalian promosi, hehe). Di Website kami tsb, berbagai produk berciri Palembang bisa ditemukan. Mulai dari pempek Palembang, songket Palembang, Pakaian adat Palembang, kopi bubuk semendo, hingga baju kaos motif Palembang

Demikianlah informasi oleh-oleh khas Palembang
Salam,

Back To Top